Assalaamualaikum, Teman semua

Ada yang tau apa arti ABK itu?

ABK singkatan  dari *Anak Berkebutuhan Khusus*

adalah anak yang memiliki keterbatasan mental, emosi,

atau fisik dengan karakteristik khusus yang berbeda dengan

anak normal pada umumnya. Dengan keterbatasan itulah

mereka butuh layanan yang khusus.

Pernah membersamai mereka??

Hmm… ga semua punya kesempatan membersamai ABK. Tapi, Aku pernah... bahkan selalu bertemu, lo. Aku adalah seorang pendamping yang menangani dan melayani mereka dengan khusus.

Hampir setiap hari kami selalu bersama mereka. Nah, buat yang kepo, ini aku ceritain pengalamanku yaa….

 

ABK itu tidak bisa apa-apa?

Sedikit aku jelaskan pengalaman aku selama membersamai Anak-Anak istimewaku, Teman-Teman. Pertama kukasih tahu, jangan pernah beranggapan bahwa anak yang memiliki kekurangan fisik, mental, dan memiliki karakteristik yang berbeda, itu adalah anak bodoh. Big No! Nehik!

Justru mereka ini sangat memiliki kelebihan yang istimewa, seperti saat ini di sekolah kami di HSSN Piramida, dibentuk kelas talenta untuk mereka. Salah satunya, kelas Laundry.

What?!?!

Kalian percaya ga siyyy….. ABK itu bisa Mencuci dengan mesin cuci?? Dan menyetrika, melipat baju layaknya dengan keseharian kita?? Ehemm, sebelum dilanjutin, kalian sendiri bisa ga nyuci baju sendiri dengan mesin cuci ortu? Bisa ga nyetrika sampai lipat baju? Jangan-jangan….. hahaha…. Bukan engga bisa, tapi kalian engga pernah aja deh soalnya selalu minta tolong kaan?

Nah, teman-teman, anak-anak istimewaku bisa!

Percaya deh,  karena aku adalah pendamping mereka, aku tahu banget soal ini.

Saat ini  di kelas Laundry, ada tiga anak dan satu guru pendamping. Guru pendampingnya Namanya Reyna (Hstt, itu akuuu!).  Keseharian kami di dalam kelas yaitu mencuci pakaian, menyetrika dan merapihkan sampai selesai, dalam pengerjaanya kami membagi  tugas setiap anak, ada yang mencuci, ada yang menjemur dan tentu ada yang menyetrika.

Terus apakah mereka langsung bisa? Wah, kamu mulai curiyus nihhh….

Tunggu-tunggu.... teman-teman, sebelum memberikan tugas kepada masing-masing anak istimewa, kita sebagai pendamping harus memberikan praktek, arahan dan dampingan khusus agar mereka memahami tahapan apa saja sebelum memulai hingga selesai. Misalnya seperti mencuci pakaian, kita sebagai pendamping memberikan tahapan menakar sabun, memutar tombol penggiling, dan pengering. Jika kita sudah memberikan tahapan pada mereka insya allah mereka akan terpola dengan apa yang kita berikan. Keren ga tuh?

Alhamdulillah anak istimewaku selalu ceria dan senang saat melakukan kegiatannya, mereka sangat mandiri, pintar dan sholeh.

Teman-teman, masih banyak anak istimewa dengan keterbatasan yang kalian lihat, tetapi sebenarnya mempunya potenti yang  butuh perhatian untuk dilatih. Mereka membutuhkan orang lain untuk membantunya. Mereka mungkin bisa berusaha mandiri, tapi tetap saja mereka butuh bantuan dari kita.  Nah, kalau di jalan kamu ketemu sama teman-teman istimewa yaitu Anak Berkebutuhan Khusus, satu aja pesanku…

Kasih Senyum, trus doakan … Ya?

 

Salam cintaaaa


Kak Reina



< Kembali